Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Pandanaran Semarang
Jurnal-sosioekotekno
EDISI 2014 VOL 2
sosioekotekno -Terbit 6 bulan sekali
jurnal ilmiah mahasiswa unpand
image

jurnal-sosioekotekno.org

02470797974


universitas pandanaran semarang
SLINK
INFO PPMB UNPAND www.unpand.ac.id

BEAYA STUDI UNPAND
    KELAS REGULER PAGI

 

    KELAS KARYAWAN SORE


    KELAS AKHIR PEKAN

 PENDAFTARAN ONLINE www.unpand.ac.id

 atau hub 024 70797974

 

Redaksi sosioekotekno

SosioEkoTekno
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Pandanaran
Mengkaji masalah-masalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Terbit 6 bulan sekali


Penerbit
Universitas Pandanaran


Penanggung Jawab
Rektor Universitas Pandanaran


Mitra Bestari
Harini Krisniati
Djoko Marsudi
Sri Praptono



Redaksi
Erwin Dwi Edi Wibowo (Pemred)
Widi Astuti
Anief Rufiyanto
Hermawan Budiyanto
MM. Minarsih
M Maria Sudarwani


Sekretaris Redaksi
Sri Subekti
Abrar Oemar


Tata Usaha
M Mahfud Efendi
Kusparyati




Alamat Redaksi
Jl. Banjarsari Barat 1 Banyumanik Semarang
Telp. 024 70797974   Facs. 024 76482711
e-mail info@unpand.ac.id

EFFECT OF PRICE AND PROMOTION DECISIONS TO PURCHASE BRAND CAT WALL AVITEX (Case Study In Toko Bangunan Mulia Abadi Semarang)

EFFECT OF PRICE AND PROMOTION DECISIONS TO PURCHASE BRAND CAT WALL AVITEX
(Case Study In Toko
Bangunan Mulia Abadi Semarang)

 

By :

ROCHANIYATI

NIM : EM. 10.1.0522

 

MARIA MAGDALENA MINARSIH, SE, MM

AZIZ FATHONI, SE,MM

Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran

 

ABSTRACT

 

Purchasing decisions are consumer decisions about the preferences of existing brands in the choice set . Many factors can influence a person's decision to make the purchase is the price and promotion . The selected object is a wall paint brand Avitex , because every year the share market has decreased from 27,1 % in 2010 , to 18,8 % in 2011 and even decreased again to 15,5 % in 2012 .

Population and sample in this study is the consumers who make purchases on TB Avitex paint brand Mulia Abadi , Jl . Taman Siswa , Gunungpati , Semarang in 2012 an average 40 consumers . Is the primary type of data . Methods of data collection using questionnaires . The analysis technique used is multiple regression

Results using multiple regression analysis showed that : 1 ). Promotion influence on purchase decisions, with t test result obtained by 3,655 dan sig. 0,001 < α = 0,05 . 2 ). Price influence on purchase decisions, with t test result obtained by 3,405 dan sig. 0,002 < α = 0,05 . 3 ). Price and promotion influence on purchase decisions, with F test result obtained by 88,903 dan sig. 0,000 < α = 0,05.

 

 

Keywords     :     Price, Promotion , Purchase Decision

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAT TEMBOK MEREK AVITEX

(Studi Kasus Pada Toko Bangunan Mulia Abadi di Semarang )

 

Oleh :

ROCHANIYATI

NIM : EM. 10.1.0522

 

MARIA MAGDALENA MINARSIH,SE,MM

AZIZ FATHONI,SE,MM

Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran

 

ABSTRAKSI

 

Keputusan pembelian adalah keputusan konsumen mengenai preferensi atas merek -merek yang ada di dalam kumpulan pilihan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan pembelian yaitu harga dan promosi. Obyek yang dipilih adalah cat tembok merek Avitex, karena pada setiap tahun market sharenya mengalami penurunan dari 27,1% tahun 2010, menjadi 18,8% tahun 2011 bahkan menurun lagi menjadi 15,5% tahun 2012.

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah adalah konsumen yang melakukan pembelian cat merek Avitex pada T.B. Mulia Abadi, Jl. Taman Siswa, Gunungpati, Semarang pada tahun 2012 rata-rata 40 konsumen. Jenis datanya adalah primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda

Hasil analisis dengan menggunakan regresi berganda menunjukkan bahwa: 1) . Promosi  berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan didapat hasil uji – t sebesar 3,655 dan sig. 0,001 < α = 0,05. 2). Harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan didapat hasil uji – t sebesar 3,405 dan sig. 0,002 < α = 0,05. 3). Harga  dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan didapat hasil uji – F sebesar 88,903 dan sig. 0,000 < α = 0,05.

 

Kata Kunci : Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

 

 

 

 

 

 

1 . PENDAHULUAN

Saat ini banyak dilakukan pembangunan di segala bidang, salah satunya bidang perumahaan . Dalam program pemerintah pun pembangunan perumahan selalu dilakukan. Dengan  bertambahnya perumahan, tentu akan bertambah pula bahan bangunan yang diperlukan masyarakat. Hal ini menjadi peluang bagi pengusahan yang bergerak di bidang pengadaan bahan bangunan. Salah satu bahan bangunan yang diperlukan adalah cat tembok.

Berdasarkan hasil pra survey, dapat diketahui market share cat tembok Avitex yang beredar di Indonesia tahun 2010 – 2012 cenderung turun dari tahun ke tahun. Penurunan terbesar adalah tahun 2011 (dari 27,1% tahun 2012 menjadi 18,8% tahun 2011), hal ini karena saat ini banyak beredar cat tembok dari merek lain yang menguasai pasar Indonesia dengan harga yang lebih murah, fitur yang sama dan kualitas yang baik. Oleh karena itu, saat ini loyalitas konsumen terhadap cat tembok merek Avitex cenderung rendah. Bahkan tahun 2012 menempati peringkat ke 3 dengan market share hanya sebesar 15,5%.

Adanya penurunan market share cat tembok Avitex disebabkan oleh keputusan pembelian konsumen yang rendah terhadap Avitex. Keputusan pembelian adalah keputusan konsumen mengenai preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan (Kotler dan Keler, 2009:240). Keputusan konsumen untuk memodifikasi, menunda atau menghindari keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh resiko yang terpikirkan. Besarnya resiko yang dipikirkan berbeda-beda menurut besarnya uang yang dipertaruhkan, besarnya ketidakpastian atribut, dan besarnya kepercayaan diri konsumen. Para konsumen mengembangkan rutinitas tertentu untuk mengurangi resiko, seperti penghindaran keputusan, pengambilan informasi dari teman-teman, dan preferensi atas nama merek dalam negeri serta garansi (Kotler,2005:227).

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan pembelian. Menurut Sukotjo dan Radix (2010), produk, harga, promosi dan distribusi dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian. Namun dalam penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dianalisis melalui harga dan promosi sesuai dengan kondisi obyek yang diteliti.

Obyek penelitian ini adalah T.B. Mulia Abadi, Jl. Taman Siswa, Gunungpati, Semarang . T.B Mulia abadi adalah perusahaan yang bergerak dalam penjualan material. Berdasarkan data penjualan merek Avitex rata-rata lebih rendah dari merek Dulux. Dapat diduga bahwa keputusan pembelian terhadap merek Avitex juga rendah. Oleh karena itu, rendahnya keputusan pembelian merek Avitex oleh konsumen layak untuk dianalisis.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian cat tembok merek Avitex pada T.B. Mulia Abadi di Semarang

 

2. TINJAUAN PUSTAKA

   2.1 Harga

Harga merupakan sesuatu yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu barang maupun jasa (Lamb, dkk, 2001:268). Menurut Tandjung (2004:78), harga adalah jumlah uang yang telah disepakati oleh calon pembeli dan penjual untuk ditukar dengan barang atau jasa dalam transaksi bisnis normal. Sedangkan menurut Kotler (2005:139) harga adalah salah satu unsur bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan dan biaya, serta paling mudah disesuaikan yang bertujuan untuk mengkomunikasikan posisi nilai yang dimaksudkan perusahaan kepada pasar tentang produk dan mereknya.

Pada umumnya harga ditetapkan melalui negosiasi antara pembeli dan penjual. Tawar menawar masih merupakan permainan di beberapa wilayah (Kotler,2005:140). Menetapkan satu harga untuk semua pembeli merupakan gagasan yang relatif modern yang muncul bersama perkembangan eceran berskala besar.

 

  2.2  Promosi

Promosi adalah proses komunikasi suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan sekarang, dan yang akan datang serta masyarakat (Kotler,2005:247). Definisi lain promosi adalah mengkomunikasikan informasi antara penjual dan pembeli potensial atau orang lain dalam saluran untuk mempengaruhi sikap dan perilaku (Cannon,dkk,2008:69).

Pemasaran modern memerlukan lebih dari sekedar mengembangkan produk yang baik, menetapkan harga yang menarik dan terjangkau. Perusahaan-perusahaan juga harus berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan sekarang dan yang akan dating.   Setiap perusahaan mau tidak mau harus terjun ke dalam peran komunikator dan promotor (Kotler,2005:247).

 

2.3 Keputusan Pembelian

Keputusan pembelian adalah keputusan konsumen mengenai preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan (Kotler dan Keler,2009:240). Definisi lain keputusan pembelian adalah keputusan pembeli tentang merek mana yang dibeli (Kotler dan Amstrong,2008:181). Konsumen dapat membentuk niat untuk membeli merek yang paling disukai. Namun, ada dua faktor yang dapat berada di antara niat pembelian dan keputusan pembelian, yaitu sikap dan faktor situasi yang tidak terantisipasi (Kotler, 2005:227).

Menurut Kotler dan Amstrong (2008:177), perilaku keputusan pembelian terbagi menjadi empat jenis, yaitu perilaku pembelian kompleks, pengurangan disonansi (ketidaknyamanan), kebiasaan mencari keragaman

 

 

2.4  Penelitian Terdahulu

Tabel 2.1

Penelitian Terdahulu

Pengarang

Judul

Variabel

Responden dan Analisis Data

Kesimpulan

Wijayanti (2008)

“Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Pembersih Wajah Ovale”

Bebas :

- Produk

- Harga

- Promosi

 

Terikat :

- Keputusan

Konsumen

100 Responden

 

 

Regresi Berganda

Produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan. Pengaruh tersebut sebesar 40,2%

Sukotjo dan Radix (2010)

 

“Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya”

Bebas :

- Produk

- Harga

- Promosi

- Lokasi

-  Karyawan (Partisipan)

- Lingkungan Fisik

- Proses

 

Terikat :

Keputusan Pembelian

115 Responden

 

Regresi Berganda

1.    Produk, harga, promosi, lokasi dan lingkungan fisik berpengaruh terhadap keputusan pembelian

2.    Karyawan dan proses tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian

Putra (2012)

 

“Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Pra Bayar XL Di Kota Padang”

Bebas :

- Produk

- Harga

- Distribusi

- Promosi

- Karyawan

- Bukti Fisik

- Proses

 

Terikat :

Keputusan Pembelian

200 Responden

 

Analisis Jalur

1.  Distribusi, karyawan dan proses berpengaruh terhadap keputusan pembelian

2.  Produk, harga, promosi dan bukti fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian

 

 

2.5 K erangka Pemikiran

Gambar 2.1

Kerangka Pemikiran Teoritis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2.6 H ipotesis

           1.  H1   :   Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian

          2.     H2   :    Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian

          3.    H3   :    Harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian

 

3.       METODE PENELITIAN

3.1 Variabel Penelitian dan Definisi Operasional

Variabel penelitian terdiri dari variabel independen yaitu :

1.    Harga (X1 )

Harga merupakan sesuatu yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu barang maupun jasa (Lamb, dkk, 2001:268).

Harga diukur melalui ( Ghanimata dan Kamal,2012:4 ):h arga terjangkau, h arga sesuai kualitas dan h arga bersaing

2.    Promosi (X2 )

Promosi adalah mengkomunikasikan informasi antara penjual dan pembeli potensial atau orang lain dalam saluran untuk mempengaruhi sikap dan perilaku (Cannon, dkk,2008:69). Promosi diukur melalui ( Wijayanti,2008:143 ) : promosi dengan papan nama, promosi dengan brosur dan promosi saat penjualan

Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu :

3.    Keputusan Pembelian ( Y  )

Keputusan pembelian adalah keputusan konsumen mengenai preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan (Kotler dan Keler,2009:240).

Keputusan pembelian diukur melalui ( Tambunan dan Widiyanto,2012): m enetapkan pilihan terhadap produk, m antap untuk melakukan pembelian dan k eyakinan untuk membeli

 

3.2 Penentuan Sampel

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian cat merek Avitex pada T.B. Mulia Abadi, Jl. Taman Siswa, Gunungpati, Semarang pada tahun 2012 rata-rata 40 konsumen.

 

 

 

 

 

 

3.3 Jenis Data  dan Sumber Data

Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah data yang diperoleh dari sumber pertama, baik dari individu atau perseorangan  (Umar,2005:42).

 

3.4 Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Angket atau kuesioner merupakan cara pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan secara tertulis yang akan dijawab oleh responden, agar peneliti memperoleh data lapangan/empiris untuk memecahkan masalah penelitian dan menguji hipotesis yang telah ditetapkan (Supardi,2005:127).

3.5  Metode Analisis

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi.

4. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1    Uji Instrumen

a.      Uji Validitas

Uji validitas digunakan untuk mengukur sah atau valid tidaknya suatu kuesioner (Ghozali,2009:49). Pengujian dilakukan dengan melakukan korelasi pearson antara skor jawaban responden di setiap pertanyaan dengan skor total jawaban responden. Apabila hasil r hitung lebih besar dari r tabel maka  butir atau pertanyaan tersebut dinyatakan valid (Ghozali,2009:51). R tabel dihitung menggunakan r tabel product moment dengan df = n –  2, yaitu = 40 – 2 = 38 dengan sig. α = 0,05 maka didapat r tabel satu sisi sebesar 0,264. Hasil uji validitas dapat dilihat pada tabel 4. 1.

Tabel 4. 1

Hasil Uji Validitas

Variabel

Pertanyaan

r h itung

r t abel

Keterangan

 

Harga 

Pertanyaan 1

0,878

0,264

Valid

Pertanyaan 2

0,815

0,264

Valid

Pertanyaan 3

0,804

0,264

Valid

 

Promosi

Pertanyaan 1

0,822

0,264

Valid

Pertanyaan 2

0,819

0,264

Valid

Pertanyaan 3

0,852

0,264

Valid

Keputusan Pembelian

Pertanyaan 1

0,758

0,264

Valid

Pertanyaan 2

0,768

0,264

Valid

Pertanyaan 3

0,849

0,264

Valid

Sumber : Data primer yang diolah, 2013

 

Hasil nilai korelasi jawaban responden dengan nilai total pada masing-masing variabel menghasilkan nilai r hitung yang lebih besar dari nilai r tabel, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kuesioner yang digunakan variabel harga, promosi dan keputusan pembelian dinyatakan valid untuk digunakan sebagai alat ukur variabel .

 

b.  Uji Reliabilitas

Uji reliabilitas digunakan untuk mengukur tingkat kehandalan indikator sebagai alat ukur variabel, dimana adanya konsistensi jawaban responden dari waktu ke waktu apabila diajukan pertanyaan yang sama menunjukkan kehandalan indikator sebagai alat ukur variabel. Tingkat kehandalan indikator dapat dilihat dari nilai cronbach’s alpha yaitu apabila nilai cronbach’s alpha ³ 0,60 maka indikator yang digunakan reliabel (Ghozali,2009:46).

 

Tabel 4. 2

    Hasil Reliabilitas

Variabel

Cronbach’s Alpha  

>< 

Standar Reliabilitas  

Keterangan

Harga

0,778

0,60

Reliabel

Promosi

0,774

0,60

Reliabel

Keputusan Pembelian

0,704

0,60

Reliabel

   Sumber : Data primer yang diolah, 2013

 

Nilai cronbach’s alpha variabel harga, promosi dan keputusan pembelian lebih besar dari 0,60. Hasil ini menunjukkan bahwa pertanyaan-pertanyaan yang digunakan variabel harga, promosi, dan keputusan pembelian dinyatakan reliabel untuk digunakan sebagai alat ukur variabel.

 

4.2  Analisis Regresi Berganda

Analisis regresi berganda digunakan untuk melihat nilai pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Pada penelitian ini akan dilihat pengaruh antara harga dan promosi terhadap keputusan pembelian cat tembok merek Avitex.

 

 

 

 

Tabel 4. 3

Hasil Regresi Berganda

    Sumber : Data primer yang diolah, 2013

 

Berdasarkan dari hasil regresi maka akan dibuat persamaan linear antara harga dan promosi terhadap keputusan pembelian sebagai berikut :  

Y =  0,971 + 0,445 X1 + 0,436X2

 

4.3 Pengujian Hipotesis

Pembuktian hipotesis dapat dilakukan dari hasil uji – t, yaitu hasil pengaruh antara harga dan promosi terhadap keputusan pembelian secara parsial dan hasil uji – F .

a.   Uji – t

Hasil uji – t antara harga dan promosi terhadap keputusan pembelian dapat dilihat hasilnya seperti pada tabel 4. 4 .

                                                  Tabel 4. 4

Uji – t

Sumber : Data primer yang diolah, 2013

 

Berdasarkan dari hasil uji – t, maka dapat dijelaskan sebagai berikut :

-     Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Variabel harga memiliki nilai t hitung = 3,655 > t  tabel = 1,686 dan sig. 0,001< 0,05. Hasil ini berarti menerima hipotesis yang menyatakan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

 

 

-     Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian

Variabel promosi memiliki nilai t hitung = 3,405 > t  tabel = 1,686 dan sig. 0,002 < 0,05. Hasil ini berarti menerima hipotesis yang menyatakan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

b. Uji – F

Hasil uji – F antara harga dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian dapat dilihat hasilnya seperti pada tabel 4. 5 .

Tabel 4. 5

Uji – F

Sumber : Data Primer yang diolah, 2013

Berdasarkan tabel di atas, maka tampak bahwa nilai F hitung = 88,903 > F  tabel = 3,252 dan sig. 0,000 < 0,05. Hasil ini berarti menerima hipotesis yang menyatakan harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian .

 

4.4    Koefisien Determinasi

Koefisien determinasi digunakan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan variabel harga dan promosi dalam menerangkan variasi variabel keputusan pembelian.

Tabel 4. 6

Hasil Koefisien Determinasi

 

Sumber : Data primer yang diolah, 2013

 

Koefisien determinasi dapat dilihat pada Adjusted R S quare sebesar 0,818. Hasil ini dapat diartikan bahwa harga dan promosi mampu berpengaruh terhadap keputusan pembelian cat tembok merek Avitex sebesar 81,8% (0,818 x 100,0%). Sementara untuk 18,2% lainnya (100%-81,8%), keputusan pembelian konsumen terhadap cat tembok merek Avitex dipengaruhi oleh variabel selain harga dan promosi.

 

5. PENUTUP

    5.1 K esimpulan

1.    Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian

2.    Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian

3.    Harga dan Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian

 

5.2 Saran

1.    Implikasi kebijakan

Berdasarkan dari hasil penelitian dapat memberikan implikasi kebijakan sebagai berikut :

a.         Pihak produsen cat tembok merek Avitex perlu mengkaji kembali besaran harga yang ditawarkan agar nantinya dapat ditentukan harga yang lebih bisa dijangkau konsumen. Salah satunya yaitu dengan memberikan diskon atau potongan harga yang diberikan kepada konsumen yang melakukan pembelian cat tembok untuk jumlah minimal tertentu seperti minimal 3 item untuk ukuran 5kg, dengan pemberian potongan antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000, sehingga harga yang didapat menjadi lebih murah apabila membeli dalam jumlah yang banyak.

b.         Pada faktor promosi lebih ditingkatkan dalam hal cara promosi melalui brosur, yaitu penyebaran brosur harus lebih sering dilakukan dan diberikan kepada setiap konsumen yang datang ke toko bangunan Mulia Abadi meskipun tidak melakukan pembelian cat, sehingga suatu saat ketika mereka membutuhkan cat tembok maka mereka dapat mempertimbangkan untuk menggunakan merek Avitex yang dijual oleh toko bangunan Mulia Abadi tersebut.

 

2.    Penelitian Mendatang

Berdasarkan dari hasil penelitian juga dapat disampaikan beberapa saran bagi penelitian mendatang sebagai berikut :

a.    Perlu memperluas lokasi penelitian yaitu di lokasi toko bangunan lain yang ada di Kota Semarang sehingga dapat menambah sampel dan hasil penelitian dapat menggambarkan ruang lingkup yang lebih luas.

b.    Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa variabel lain seperti kualitas produk dan distribusi sehingga bagi peneliti mendatang perlu mengangkat variabel kualitas produk dan distribusi untuk dilihat pengaruhnya terhadap keputusan pembelian cat tembok merek Avitex.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Abubakar, Rusydi. 2005. Pengaruh Pelaksanaan Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Jamu Di Banda Aceh , Jurnal Sistem Teknik Industri,Volume 6,No. 3, Juli, Hal. 54 – 62. Aceh, Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

 

Angipora, Marius, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran , Edisi Kedua, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

 

Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy, 2008. Alih Bahasa : Diana Angelica dan Ria Cahyani. Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global , Buku 2, Edisi 16,Jakarta : Salemba Empat.

 

Djarwanto dan Pangestu Subagyo, 2000. Statistik Induktif , Edisi Keempat, Cetakan Kelima, Yogyakarta : BPFE.

 

Ferdinand, Augusty , 2006.  Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen , Edisi Kedua , Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Ghanimata, Fifyanita dan Mustafa Kamal , 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang ) , Diponegoro Journal of Management , Vol. 1 , No. 2 , Hal. 1 – 10 , Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Ghozali, Imam , 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS . Cetakan Keempat , Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Kotler, Philip. Alih Bahasa : Benyamin Molan , 2005. Manajemen Pemasaran , Edisi Kesebelas, Jilid 1, Jakarta : PT. Intan Sejati.

 

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran , Jilid 1, Edisi Keduabelas, Jakarta. Erlangga.

 

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran , Edisi Keduabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. Jakarta. PT. Indeks.

 

Lamb, Charles W, Joseph F. Hair dan Carl McDaniel, 2001. Pemasaran , Buku 1, Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat. 

 

Nabhan, Faris dan Enlik Kresnaini, 2005 . Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian pada Rumah Makan di Kota Batu, Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Volume 6, Nomor 3. Oktober , Hal. 425 – 430 , Malang : Universitas Gajayana.

 

Nurgiyantoro, Burhan, Gunawan dan Marzuki , 2004. Statistik Terapan : Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial , Cetakan Ketiga (Revisi), Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

 

Putra, Hafrizal Okta Ade. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Pra Bayar XL Di Kota Padang ,   Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 3, No. 1, Januari 2012. ISSN : 2086 – 5031, Hal. 121 – 157, Padang : Universitas Taman Siswa.

 

Satmoko S., T. Ekowati, B.M.Setiawan dan Intan Sari, 2005. Analisis Efektivitas Marketing Mix Terhadap Tingkat Pembelian Kentucky Fried Chicken (KFC) Di Kota Magelang,   Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner 2005, Hal. 738 – 743, Semarang : Fakultas Peternakan Undip.

 

Simamora, Bilson, 2001. Remarketing For Business Recovery , Cetakan Pertama. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Sukotjo, Hendri dan Sumanto Radix A. 2010. Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya , Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 1, No. 2,   Oktober 2010. ISSN : 2087 – 1090. Hal. 216 – 228, Surabaya : Untag.

 

Supardi, 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis , Cetakan Pertama. Yogyakarta : UII Press.

 

Tambunan, Krystia dan Ibnu Widiyanto, 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto (Studi Kasus pada Konsumen di Bandeng Presto Semarang) , Jurnal Manajemen, Vol. 1,. No. 2, Hal. 58 – 66, Semarang : Undip.

 

 

Tjiptono, Fandy, 2006. Manajemen Jasa , Edisi Keempat, Yogyakarta : Andi.

 

Umar, Husein, 2003. Metode Riset : Perilaku Konsumen Jasa , Cetakan Pertama. Jakarta. Ghalia Indonesia.

 

Wijayanti, Ratna, 2008. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Pembersih Wajah Ovale, Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 6, Nomor 2, Agustus, Hal. 138 – 154, Banjarmasin: Universitas Achmad Yani

Fri, 14 Feb 2014 @15:30

Copyright © 2014 TEAM IT Universitas Pandanaran semarang · All Rights Reserved